Free Wordpress Themes Wordpress Templates Discount Codes How To Start a Blog Best Wordpress Hosting Best Wordpress Themes 2013 Best Wordpress Themes Premium Themes Wordpress Premium Themes Best Wordpress Deal

Home » Kurikulum

Kurikulum

Kesesuaian dengan Visi, Misi, Sasaran, dan Tujuan (Tanasub al rukyah wa Al Ahdf)

Kurikulum yang digunakan saat ini merupakan penjabaran dari Visi, Misi, Sasaran, dan Tujuan yang ingin dicapai di mana visi Program Studi STIT DF adalah “Menjadi pusat rujukan yang unggul untuk Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab di Lampung Tahun 2025”. Oleh karena itu, kurikulum yang dikembangkan STIT DF sekarang sangat sesuai dengan Visi, Misi, Sasaran, dan Tujuan Program Studi.  Untuk meningkatkan kesesuaian kurikulum dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan, selalu diupayakan adanya peninjauan kurikulum dan bila diperlukan diadakan perubahan sebagaimana mestinya untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dan memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Kurikulum yang saat ini sedang digunakan sudah mulai ditinjau ulang pada tahun 2008 dan 2009 ini melalui Workshop Kurikulum yang difasilitasi oleh Sekolah Tinggi  dengan  mengadakan  Workshop  Penyusunan  RPP,  GPP, dan SAP yang diikuti oleh para dosen STIT DF. Alhamdulillah, banyak perubahan setelah acara itu terutama perubahan kurikulum tahfidz Al Qur’an. Kurikulum ini mengalami perubahan karena masih banyaknya mahasiswa semester awal yang belum bisa membaca al Qur’an dengan baik sehingga perlu ada tambahan materi yaitu tahsin Al Qur’an.

Kurikulum yang ada pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dibuat sebuah kurikulum  yang  berbeda  dengan kurikulum Perguruan Tinggi Islam pada umumnya dimana kurikulum pada semester I sampai semester IV menitikberatkan pada penguasaan keterampilan mendengar (istima’), berbicara (muhadatsah), membaca (qiroah), dan menulis (kitabah). Hal itu sebagai dasar utama bagi mahasiswa untuk menguasai teori Bahasa Arab sejak dini mengingat Program ini adalah Pendidikan Bahasa Arab dimana mereka dituntut untuk menguasai Bahasa Arab dari berbagai sisi. Untuk selanjutnya pada semester V sampai semester VIII dilanjutkan dengan teori pendidikan dan teori pengajaran Bahasa Arab. Hal itu juga dalam rangka untuk merealisasikan lulusan yang mempunyai tiga kempetensi dasar yaitu: (1) Memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 2 juz; (2) Memiliki kemampuan berbahasa Arab aktif; (3) Memiliki kemampuan dakwah profesional. Struktur kurikulum STIT DF terdiri dari 2 komponen yaitu Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Mata Kuliah Wajib terdiri dari 134 SKS.
  2. Mata Kuliah Pilihan terdiri dari 20 SKS.

Total dari semua itu adalah 154 SKS.